Honda CRF 450 Rally Dakar
donnyprabowo – Masbro sekalian, mohon maaf sebelumnya karena blog sempet macet kurang lebih 2 bulan ini. Saya mulai terkena sindrom konsistensi yang kurang buat artikel blog. Sebenarnya setiap pulang kerja sudah ingin duduk manis di depan laptop buat ngetik, tapi tiba-tiba godaan kasur lebih besar, hehehehehe.. Udah ahh curcolnya.. :-D
Pada malam ini, saya akan membahas motor-motor yang berlaga di dalam Rally paling ganas didunia, yaa Rally Dakar. Walaupun di Indonesia balap ini memang belum sepopuler balap MotoGP atau WSBK sebagai titik ukur perkembangan teknologi motor antar masing-masing produsen motor. Rally Dakar sendiri menurut sejarahnya dulu berlangsung di benua afrika dengan medan yang extreme, panas suhu di tambah padang pasir dan tanah yang gersang menuntut ketahanan motor yang juga di pacu sampai pada limitnya.. Apalagi rider harus mampu menyelesaikan trouble di motornya apabila terjadi trouble. Detik demi detik sangat begitu berharga di balap ini..
Namun karena di benua Afrika kondisi semakin tidak kondusif ketika rally dakar melintasi beberapa negara tertentu, maka rally dakar pun akhirnya di pindahkan ke benua amerika latin. Walaupun saat keputusan ini diambil banyak orang yang merasa persaingan rally dakar yang terkenal ganas akan meredup, ternyata setelah berjalannya waktu persaingan malah semakin menarik untuk dinikmati para pecinta balap.. Mulai dari adanya padang pasir seperti di afrika, di tambah pegunungan dan lembah yang menuntut motor dapat cepat beradaptasi terhadap lingkungannya..
Diartikel pertama ini saya akan membahas motor dari pabrikan jepang Honda. Honda pada tahun ini melalui divisi racingnya, HRC, bener-bener terlihat all out dalam mempersiapkan partisipasinya dalam rally dakar tahun ini. Yaa mungkin karena faktor kemenangan Marq Marquez di MotoGP yang menyulut semangat HRC untuk dapat berprestasi di ajang balap motor lainnya.
Motor Honda ini namakan Honda CRF450 Rally. Dasar motor ini adalah motor motocross Honda CRF450R yang dimodifikasi lagi untuk dapat mengikuti rally dakar ini. Kalo dikutip di website world honda, yang sama dari motor Honda CRF450R dengan Honda CRF450 Rally hanya pemindah persnelingnya aja sedangkan yang lainnya disesuaikan lagi dengan kondisi lintasan yang akan dijalani.
Honda CRF450 Rally sendiri dibekali mesin dengan kubikasi 450 cc hasil dari pengembangan Honda CRF450 R yang dibuat lebih bertenaga, teknologi Unicam 4 klep, pendingin cairan, pengkabut bahan bakar injeksi PGM-FI, dengan berat motor sekitar 150 kg. Motor ini pun mampu berlari sampai dengan 170 km/jam. Suspensi dipasok oleh produsen Showa dan untuk rem dipasok oleh Nissin. Lampu utama sendiri menggunakan projector headlamp dengan lampu LED yang hemat energi. Knalpot sendiri dipasok oleh produsen yang sama dengan Honda RC213V, Termignoni masbro..
Menurut Honda, dengan diaplikasikan sistem injeksi PGM-FI, Honda CRF akan mampu lebih fleksibel dengan altitude atau ketinggian medan di bandingkan karburator dalam menghadapi medan rally dakar yang pada bagian tertentu, ketinggian lintasan balap dapat sampai dengan 5000 meter diatas permukaan laut. Selain itu faktor suhu cuaca yang bisa mencapai 55 derajat celcius, membuat karburator kurang bisa diandalkan dalam kondisi ini dan yang terpenting dengan diaplikasikan sistem injeksi, Honda CRF450 Rally bisa lebih hemat bahan bakar dalam menempuh special stage rally dakar. Pada motor ini dibekali perlengkapan GPS agar rider mampu mencapai Stage Point dan tidak kesasar dalam menyelesaikan Special Stage dalam kompetisi ini.
Nah secara garis besar sudah dijelaskan tentang kemampuan dan apa saja spesifikasi dalam motor ini, nah sekarang pelototin deh foto-foto Honda CRF450 Rally ini yang saya kutip dari asphaltandrubber.com yah masbro sekalian.
Terimakasih sudah membaca artikel ini.
donnyprabowo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar