Senin, 21 April 2014

HARLEY DAVIDSON FATBOY EVOLUTION 1995

HANDMADE – HARLEY DAVIDSON FATBOY EVOLUTION 1995

Cukup surprised juga saat Harley Davidson Fatboy lansiran 1995 ini terpilih menjadi The Best People Choice pada ajang bergengsi KustomFest yang diadakan di Yogyakarta pada bulan Oktober 2012 lalu. Praktis tampil tanpa satupun part branded kecuali ban yang menggunakan labelan Avon tapi terbukti kesederhanaan dan penggunaan part-part handmade yang tertempel di motor ini mampu mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari belasan ribu pengunjung yang datang digelaran tersebut. Perjalanan dari ubahan motor ini dimulai saat Dimas Leimena sang mpu-nya Fatboy ini datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike dan menyatakan keinginannya untuk mengubah tampilan bergaya Pro Street Bobber. “Gue ingin banget Fatboy ini dijejali ban ukuran 300 dibagian belakangnya Bro, selebihnya gue percaya lo bisa berkreasi di Fatboy kesayangan gue ini…”, begitu ujarnya saat berdiskusi soal ubahan yang akan dilakukan. Pun begitu saat ditawari atau bahkan ditantang untuk menggunakan barang-barang handmade termasuk sampai velg yang akan dipakai, pria yang menjalani usaha jasa keamanan untuk artis-artis luar yang menggelar konser di Indonesia ini langsung menganggukkan kepala tanda setuju.
Pekerjaan terberat saat melakukan kustomisasi dari motor yang populer saat digunakan Arnold Schwarzenegger membintangi film Terminator ini justru saat mendesain dan membuat lingkar velg yang akan dipakai. Menggunakan material dasar Alumunium velg dibuat dengan model palang lima untuk menampilkan kesan gagah dan berisi. Untuk depan velg dibuat dengan ukuran 19X3,5 Inch dan untuk bagian belakang dibuat dengan ukuran 17X11 Inch. Kelar proses pembuatan velg langsung disandingkan dengan ban Avon Cobra 120/70-19 untuk depan dan 300/40-17 untuk buritan. Lingkar roda set kelar giliran proses pengerjaan swing arm custom dimulai, tetap dibuat layaknya swing arm standar hanya saja lebih dilebarkan dengan menggunakan material pipa seamless diameter 1 Inch. Link shock belakang juga dibuatkan agar posisi shock belakang asli bawaan motor dapat terpasang serta dapat bekerja secara sempurna. Pada bagian depan masih menggamit shock bawaan asli Fatboy, teleskopik 41 mm, hanya saja segitiga bawaan motor dilungsurkan untuk digantikan dengan segitiga custom yang juga dibuat agar dapat mengubah posisi sudut kemiringan shock sekitar 5 derajat dari sudut standar untuk mengejar tampilan karena molornya wheel base. Kelar seluruh tahapan tersebut giliran sektor bodi dibuat, tetap mengandalkan material plat galvanil dengan ketebalan 1.2 mm bagian bodi dibuat dengan desain tangki ala tear drop serta spatboard belakang yang dibentuk menutupi separuh ban gambot dibagian buritan. Cover pada lampu aftermarket dibagian depan juga dibuatkan demi mengejar tampilan yang lebih manis di motor ini. Diskusi soal pemilihan warna dipilih warna Solid White untuk melabur seluruh bodi dan rangka, mengandalkan cat dan pernis labelan Spies Hecker sangat membantu menciptakan kesan resik serta kesan yang cukup catchy pada hasil akhir kustomisasi Fatboy ini. Pamungkas beberapa peranti juga dibuat handmade seperti forward control berbahan alumunium, stang serta inner throttle, knalpot custom racikan Asky Muffler, mengubah penggerak belt menjadi rantai serta bracket untuk close primary bawaan Fatboy yang memang digeser sekitar 9 cm ke kiri untuk mengejar kelurusan rantai.
Kelar proses pengerjaan dengan waktu sekitar 4 bulan demi mengejar untuk mengikuti gelaran KustomFest 2012 membuahkan hasil yang tidak sia-sia. Seperti yang dijabarkan diatas, tampilan keseluruhan motor ini mampu membuat pengunjung terpikat serta mendapatkan respon positif yang cukup besar hingga akhirnya gelar The Best People Choice-pun dapat diraih.



Spesifikasi :
  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg Custom Alumunium 19X3,5 Inch dan 17X11 Inch
  • Ban Avon Cobra 120/70-19 & 300/40-17
  • Swing Arm Custom
  • Stang + Inner Throttle Custom
  • Forward Control Custom
  • Triple Tree Custom
  • Knalpot Custom by Asky Muffler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar