Rabu, 14 Mei 2014

Ferrari F14 T 2014

F1 : Simak Detail dan Spesifikasi Ferrari F14 T 2014


Penulis : Manut - Foto : Ferrari
Ferrari resmi meluncurkan F14 T andalannya untuk musim 2014. F14 T dinamai sesuai dengan hasil poling, punya inisial Ferrari dengan tahun 2014 dan indikasi Turbo dalam sumber tenaganya. F14 T merupakan mobil ke-60 yang dibangun Ferrari untuk berkompetisi di F1. Meski baru diluncurkan, proyek dengan kode 665 sudah dimulai dua tahun silam untuk mendaptasi perubahan regulasi baru. 

Paling kentara, lagi-lagi adalah bagian moncong. McLaren dan Lotus sudah menghadirkan desain unik pada komponen ini, Ferrari menerjemahkan aerodinamika pada bentuk hidung yang lebih lebar dan pipih. Desain hidung ini pula memberi tantangan tersendiri buat para desainer untuk membuat sasis monocoque yang lebih rendah dengan menghitung ulang semua komponen suspensi.




“Sayap depan lebih sempit 75 mm setiap sisi supaya mengurangi kemungkinan benturan dengan mobil lain dan pembatas lintasan,” begitu tertulis dalam rilis Ferrari. Sedangkan sayap belakang juga berbeda dari tahun sebelumnya dengan tiga perubahan regulasi yang membutuhkan DRS lebih lebar dengan kedalaman sayap lebih kecil dan pelarangan beam wing.

Perubahan teknis yang dilakukan Ferrari jauh lebih besar dari desainnya. Dengan mesin baru, pendinginan pun dibuat berbeda., Pendingin mesin (radiator) dan oli  bisa diperkecil karena kapasitas mesin juga lebih kecil, namun harus menyediakan tempat buat intercooler buat turbo plus manajemen panas dari sistem ERS yang jauh lebih besar dari KERS.

Ferrari sempat menyebut keuntungan bisa meriset mesin dan sasis simultan, rupanya berkaitan dengan urusan pendinginan tadi. Karena pendinginan akan merusak usaha mendapatkan downforce. Sehingga kompromi pendinginan untuk mendapat daya kuda maksimal harus dilakukan dengan mengatur jalur udara pada sasis dan bodi agar daya cengkeram aspalnya tetap prima.

Teknologi lain yang diterapka Ferrari adalah penggunaan brake by wire untuk pertama kalinya. Kemudian transmisi dipatok oleh regulasi dengan 8 percepatan.  Semua paket itu harus dikemas sedemikian rupa dengan bobot mobil 691 kg. (otosport.co.id)

Spesifikasi Teknis:
 
Chassis in carbon-fibre and honeycomb composite structure
Ferrari longitudinal gearbox
Servo controlled hydraulic limited-slip differential
Semiautomatic sequential and electronically controlled gearbox with quick shift
Number of gears………………………….8 +Reverse
Brembo ventilated carbon-fibre disc brakes (front and rear) and brake by wire rear brakes
Independent suspension, pull-rod activated torsion springs front and rear
Weight with water, lubricant and driver……………691 kg
OZ Wheels (front and rear)………..13″

ENGINE
 
Displacement 1.600 cc
Max revs 15.000
Turbo charging Single turbo
Fuel flow 100 kg/hr max
Fuel capacity 100 kg
Configuration V6 90°
Cylinders 6
Bore 80 mm
Stroke 53 mm
Valves 4 per cylinder
Injection 500 bar – direct
Units per driver 5
 

ERS SYSTEM
 
Battery Energy (per lap) 4 Mj
MGU-K power 120 kW
MGU-K max revs 50’000 rpm
MGU-H max revs 125’000 rpm


Tags : F1, Ferrari, F14 T, Ferrari F14 T, Spesifikasi Ferrari F14T, Ferrari 2014, F1 2014, Formula 1 2014,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar